Apa penyebab dari penyakit anjing gila?

Apa penyebab dari penyakit anjing gila?

Rabies (penyakit anjing gila) merupakan penyakit menular akut yang menyerang susunan saraf pusat pada manusia dan hewan berdarah panas yang disebabkan oleh virus rabies, ditularkan melalui saliva (anjing, kucing, kera) yang kena rabies dengan jalan gigitan atau melalui luka terbuka.

Apakah anjing yang terkena rabies bisa sembuh?

Rabies atau penyakit anjing gila adalah infeksi virus yang ditularkan pada manusia dari air liur hewan yang telah terinfeksi. Virus ini biasanya menyebar melalui gigitan atau cakaran hewan mamalia berdarah panas seperti anjing, kelelawar atau rubah. Penderita rabies bisa sembuh apabila penyakit ini segera ditangani.

Apa cara untuk menghentikan penyebaran rabies?

Pencegahan Rabies

  1. Melakukan vaksinasi pada hewan peliharaan, seperti anjing atau kucing.
  2. Menjaga hewan peliharaan tetap di dalam kandang dan mengawasinya bila sedang di luar kandang.
  3. Menutup lubang atau celah di rumah yang bisa menjadi sarang hewan liar.

Apakah gejala klinis yang timbul akibat infeksi virus rabies?

Gejala awal rabies dapat mirip dengan gejala flu. Penderita umumnya mengalami demam, sakit kepala, dan nyeri otot. Rasa kesemutan, nyeri, dan gatal yang sangat mengganggu di area bekas gigitan juga dapat terjadi. Gejala ini merupakan gejala khas pada rabies.

Jelaskan binatang apa saja yang menyebabkan luka gigitan menyebabkan penyakit rabies?

Rabies disebabkan oleh virus yang umumnya ditularkan dari anjing melalui gigitan, cakaran, atau air liur. Selain anjing, hewan yang juga dapat membawa virus rabies dan menularkannya ke manusia antara lain kera, kucing, musang, dan kelinci.

Kapan gejala rabies muncul?

Gejala awal rabies biasanya muncul 30–90 hari setelah seseorang tergigit hewan yang terinfeksi virus rabies. Namun pada kasus tertentu, gejala juga bisa muncul lebih cepat atau lebih lambat. Gejala awal rabies dapat mirip dengan gejala flu. Penderita umumnya mengalami demam, sakit kepala, dan nyeri otot.

Apakah anjing rabies akan mati setelah menggigit?

Setelah itu hewan tersebut akan mati dalam waktu 14 hari, tetapu umumnya mati pada 2-5 hari setelah tanda-tanda tersebut terlihat. Tak hanya lewat gigitan, penularan virus rabies dapat terjadi dengan jilatan atau cakaran.

Apa yang terjadi jika kena rabies?

Rabies tergolong penyakit berbahaya karena berisiko menyebabkan kematian jika tidak cepat ditangani. Di Indonesia, rabies atau yang dikenal dengan istilah “penyakit anjing gila” masih menjadi salah satu penyakit yang mengancam kesehatan masyarakat.

Bagaimana penularan virus rabies pada manusia?

Manusia dapat tertular virus rabies ketika luka yang ada pada tubuh mengalami kontak langsung dengan air liur hewan yang alami rabies. Tidak hanya luka yang terbuka, gigitan hewan atau cakaran hewan yang terkontaminasi dengan virus rabies juga menjadi cara penularan virus rabies dari hewan pada manusia.

Apakah penyakit rabies bisa sembuh?

Penyakit rabies sebenarnya bisa disembuhkan, namun jika tidak ditangani, ia dapat menyebabkan infeksi yang mematikan bagi otak dan sistem syaraf manusia.

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas