Apa perbedaan antara KIS dan BPJS?

Apa perbedaan antara KIS dan BPJS?

Jadi, beda KIS dan BPJS secara garis besar, yaitu KIS merupakan program dari BPJS Kesehatan, sedangkan BPJS Kesehatan sendiri adalah badan yang menjalankan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), termasuk KIS.

Apakah KIS termasuk BPJS Kesehatan?

Kartu Indonesia Sehat (KIS) adalah tanda kepesertaan JKN untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang komprehensif pada fasilitas kesehatan melalui mekanisme sistem rujukan berjenjang dan atas indikasi medis. KIS diterbitkan oleh BPJS Kesehatan untuk seluruh peserta program JKN, termasuk penerima bantuan iuran (PBI).

Kenapa BPJS gratis tidak aktif?

Penyebab BPJS Kesehatan tidak aktif biasanya dikarenakan telat membayar sampai berbulan-bulan. Menurut Buku Panduan Layanan Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), status kepesertaan BPJS Kesehatan dinyatakan non-aktif terhitung sejak tanggal satu bulan berikutnya setelah Anda telat membayar.

Apakah semua rumah sakit menerima KIS?

JawaPos.com – Semua rumah sakit maupun FKTP wajib menerima pendaftaran pelayanan kesehatan dengan kartu peserta digital (KIS digital) yang merupakan fitur mobile JKN, kata Asisten Deputi BPJS Kesehatan Bidang Pengelolaan Kinerja Kantor Cabang (PKKC) Upik Handayani.

Apa kegunaan kartu KIS?

KIS dapat digunakan tidak hanya untuk pengobatan saja, tetapi juga dapat digunakan untuk melakukan pencegahan. Sedangkan penggunaan BPJS hanya dapat digunakan jika kondisi kesehatan peserta sudah benar-benar sakit atau harus dirawat.

Bagaimana cara mendaftar Mobile JKN?

Berikut cara daftar BPJS Kesehatan secara online melalui aplikasi Mobile JKN:

  1. Buka aplikasi Mobile JKN.
  2. Pilih Pendaftaran Peserta Baru.
  3. Baca ketentuan pendaftaran, klik Setuju.
  4. Masukkan NIK KTP.
  5. Isi data diri, lalu klik Selanjutnya.
  6. Pilih fasilitas kesehatan (faskes) yang diinginkan, termasuk dokter gigi.

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top