Apa yang dimaksud dengan penipisan lapisan ozon?

Apa yang dimaksud dengan penipisan lapisan ozon?

Penipisan ozon merupakan kondisi yang terjadi ketika atom bromin dan klorin bersentuhan langsung dengan lapisan strafosfer bumi yang menyebabkan rusaknya ozon. Satu atom klorin bisa merusak lebih dari 100.000 molekul ozon. Jika lapisan ozon semakin menipis, ozon tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Apa yang harus kita lakukan untuk melindungi lapisan ozon?

Berikut cara yang bisa kita lakukan :

  1. Mengurangi Penggunaan Kendaraan Pribadi. Emisi yang dihasilkan oleh kendaraan akan membahayakan keberadaan lapizan ozon seiring dengan banyaknya jumlah kendaraan.
  2. Menggunakan Bahan yang Bersahabat dengan Lingkungan.
  3. Melakukan Penghijauan.
  4. Mengurangi Penggunaan Listrik.

Apa yang merusak lapisan ozon?

Kemelimpahan ozon akan terganggu oleh senyawa klorin dan bromin yang terdapat dalam bahan kimia pendingin buatan manusia (refrigeran), contohnya senyawa CFC yang mengandung klorin. Klorin yang terlepas dari CFC akan menguraikan ikatan O3, sehingga kerapatan lapisan ozon akan berkurang jika proses tersebut berlanjut.

Apa penyebab dan dampak yang ditimbulkan dari penipisan lapisan ozon?

Aktivitas manusia di Bumi bisa menyebabkan lapisan ozon menipis, teman-teman, misalnya polusi udara. Akibatnya, radiasi sinar ultraviolet yang berbahaya bisa masuk ke Bumi dengan mudah. Penyebab utama penipisan lapisan ozon adalah senyawa kimia yang bernama CFC atau Chlorofluorocarbons.

Apa yang menyebabkan menipisnya lapisan ozon?

Satu atom klor dapat menyebabkan hancurnya ribuan molekul ozon. Penipisan lapisan ozon juga disebabkan oleh meningkatnya karbon monoksida yang dihasilkan kendaraan bermotor dan pabrik. Penggundulan hutan pun turut berkontribusi lantaran kemampuan pohon dan hutan dalam menyerap gas-gas pemicu kerusakan lapisan ozon.

Apa yang dimaksud dengan penipisan?

Proses, cara menjadi tipis. Contoh: dalam menentukan produk pertanian, tidak pernah dimasukkan faktor kerusakan dan penipisan sumber daya alamnya seperti tanah dan air. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata penipisan adalah proses, cara menjadi tipis.

Dimana letak lapisan ozon?

Sebagian besar molekul ozon Bumi tersimpan di lapisan kedua atmosfer Bumi, yaitu di di stratosfer. Pada ketinggian antara 10 hingga 40 km di atas Bumi, lapisan ozon merupakan salah-satu perisai paling efektif terhadap radiasi ultraviolet.

Mengapa kita harus tetap menjaga agar lapisan ozon tidak terganggu?

Lapisan ini berfungsi untuk menjaga suhu bumi agar tetap stabil dan melindungi bumi dari sinar Ultraviolet (UV) yang berbahaya bagi kehidupan didalamnya, diantaranya mengakibatkan kanker kulit, katarak, kerusakan imun, dan merusak ekologi bumi seperti tumbuhan dan biota laut lainnya, serta melindungi bumi dari benda- …

Bagaimana CFC bisa merusak lapisan ozon?

Namun, akan berpengaruh jika senyawa tersebut terbang mendekati lapisan ozon,” tambahnya. CFC mengandung klorin, radiasi UV di ketinggian lapisan ozon menguraikan CFC dan membebaskan klorin. Di bawah kondisi yang tepat, klorin berpotensi untuk merusak sejumlah besar ozon sehingga terjadi penipisan.

Mengapa AC dapat merusak lapisan ozon?

Ketika freon (CFC) terlepas ke atmosfer, maka molekul CFC akan terurai atom C sendiri sangat reaktif terhadap atom O (rumus molekul ozon adl O3), ketika atom C dari pecahan freon bertemu dengan molekul O3, maka atom C akan menarik satu atom O dari ozon, yang akan mengakibatkan timbulnya karbon monoksida (CO) dan ozon …

Mengapa Penipisan lapisan ozon makin hari makin menipis?

Penipisan lapisan ozon makin hari makin meningkat karena banyak penggunaan produk yang menghasilkan gas CFC. CFC berasal dari mesin pendingin, gas aerosol, dan produk plastik.

Jelaskan apa yang terjadi bila penipisan lapisan ozon di atmosfer bumi semakin bertambah luas?

Menipisnya lapisan ozon memicu meningkatnya radiasi ultraviolet matahari terutama UV-B yang mampu mencapai permukaan bumi. Dampak penipisan lapisan ozon bagi kesehatan seperti kulit terbakar, pengaburan kornea dan katarak mata, penurunan daya tahan tubuh (imunitas) dan kanker kulit.

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top