Dari bentuk bentuk negara menurut Plato menurut anda manakah bentuk negara apa yang paling ideal untuk diterapkan dalam suatu negara?

Dari bentuk bentuk negara menurut Plato menurut anda manakah bentuk negara apa yang paling ideal untuk diterapkan dalam suatu negara?

Bentuk pemerintah terbaik menurut Plato adalah aristokrasi. Bukan aristokrasi turun-temurun, atau monarki, melainkan sebuah aristokrasi kepiawaian. Bentuk aristokrasi kepiawaian memungkinkan kekuasaan berada di tangan orang-orang terbaik dan paling bijak di negerinya.

Jelaskan apa pandangan Plato tentang negara siapa yang terbaik memimpin negara?

Sebagaimana gurunya, Plato juga menaruh kepercayaan tertinggi kepada akal manusia, atau biasa disebut sebagai seorang rasionalis. Menurutnya, sosok yang memimpin negara harus berfungsi bagaikan kepala untuk tubuh manusia. Artinya, posisi tersebut adalah tempat untuk memberikan perintah serta memikirkan kebijaksanaan.

Mengapa Plato berpendapat bahwa pemerintahan yang ideal adalah aristokrasi?

Lewat dialektika, Plato membuktikan bahwa aristokrasi adalah bentuk negara yang paling ideal. Secara harfiah aristokrasi, terdiri dari kata aristos : paling baik dan kratein : menguasai. Hal ini menurut Plato dikarenakan hanya warga negara yang paling baik dan paling cakap yang boleh diangkat menjadi pemimpin negara.

Filosofi manakah yang menuliskan karya filsafat Republik?

Republik (Yunani: Πολιτεία, Politeia) adalah sebuah karya filsafat dan teori politik yang berpengaruh karya filsuf Yunani, Plato, yang ditulis sekitar 360 SM. Buku ini ditulis dalam format dialog Socrates.

Bentuk negara yang seperti apakah yang paling ideal untuk di gunakan di Indonesia?

Kesimpulannya, bentuk negara kesatuan adalah yang paling cocok untuk negara Indonesia karena sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia yaitu untuk menyatukan keberagaman yang ada Indonesia.

Bagaimana pandangan Plato tentang negara ideal?

Negara ideal menurut Plato merupakan suatu komunitas etikal untuk mencapai kebajikan dan kebaikan. Sehingga untuk mencapai negara ideal maka dalam hidup bernegara nilai-nilai moralitas harus sangat diperhatikan.

Apa pandangan Plato tentang negara?

Menurut Plato bahwa Bentuk negara adalah sesuai dengan sifat tertentu daripada jiwa manusia yang selalu berubah dan bentuk negara itu tidak dapat hidup kekal karena sesuai sifat-sifat jiwa manusia yang selalu berubah.

Bagaimana konsep negara menurut Plato?

Bagaimana teori keadilan menurut Plato?

Menurut Plato, keadilan dimaknai sebagai seseorang membatasi dirinya pada kerja dan tempat dalam hidupnya disesuaikan dengan panggilan kecakapan “talenta” dan kesanggupan atau kemampuan.

Siapa itu Plato dan Socrates?

Plato adalah seorang filsuf besar dari Athena yang hidup antara 428-347 SM. Ia adalah salah satu tokoh penting dari dunia Yunani Kuno dan sangat berpengaruh dalam sejarah pemikiran Barat. Ia adalah murid dari Socrates dan guru dari Aristoteles.

Jelaskan apa yang dimaksud idea Menurut Plato?

Menurut Plato idea tidak diciptakan oleh pemikiran manusia. Idea adalah dunia yang melampaui manusia maka ide tidak tergantung pada pemikiran manusia, melainkan pikiran manusia yang tergantung pada dunia ide. Ide adalah citra pokok dan perdana dari realitas, nonmaterial, abadi, dan tidak berubah.

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top