Apa pengertian dari pengadilan militer?

Apa pengertian dari pengadilan militer?

Peradilan Militer merupakan pelaksanaan kekuasaan kehakiman di lingkungan Angkatan Bersenjata untuk menegakkan hukum dan keadilan dengan memperhatikan kepentingan penyelenggaraan pertahanan keamanan Negara.

Jelaskan apa itu pengadilan militer dan apa yang masuk dalam pengadilan militer?

Peradilan militer adalah lingkungan peradilan di bawah Mahkamah Agung yang melaksanakan kekuasaan kehakiman mengenai kejahatan-kejahatan yang berkaitan dengan tindak pidana yang dilakukan oleh militer. Peradilan Militer meliputi: Pengadilan Militer untuk tingkat Kapten ke bawah.

Apa peran dari pengadilan militer?

Mengenai justisiabel Peradilan Militer berwenang mengadili perkara pidana yang dilakukan oleh Militer (prajurit TNI) berpangkat Kapten ke bawah yang melakukan tindak pidana (kejahatan) maupun pelanggaran masih berdinas aktif dan atau orang-orang yang tunduk pada kekuasaan Peradilan Militer berdasarkan Undang-Undang …

Apa yang dimaksud dengan Oditur dalam pengadilan dilingkungan peradilan militer?

Jadi, Oditurat merupakan badan pelaksana kekuasaan pemerintahan negara di bidang penuntutan dan penyidikan di lingkungan Angkatan Bersenjata. Sedangkan yang melakukan penyidikan adalah Atasan Yang Berhak Menghukum, Polisi Militer, dan Oditur.

Apa itu Pengadilan Militer Pusat?

Pengadilan Militer Utama (disingkat Dilmiltama) adalah pengadilan yang memeriksa dan memutus pada tingkat banding perkara pidana dan sengketa tata usaha militer yang telah diputus pada tingkat pertama oleh Pengadilan Militer Tinggi. …

Apa yang dimaksud dengan Oditurat dalam pengadilan di lingkungan peradilan militer dan Sebutkan 4 macam Oditurat yang kamu ketahui?

Oditur adalah penuntut umum, terutama dalam pengadilan militer. Fungsinya seperti jaksa dalam peradilan militer. Oditur pada peradilan militer biasa disebut oditur, sedangkan oditur pada peradilan militer tinggi disebut oditur tinggi . Dalam persidangan militer terdapat hakim majelis, oditur, panitera.

Siapa yang dipersamakan dengan militer?

Yang dimaksud dengan “setiap orang yang berdasarkan undang-undang dipersamakan dengan Militer” antara lain: a. Prajurit Siswa; b. Militer Tituler; c. Warga Negara yang dimobilisasi karena keahliannya pada waktu perang; atau d. Tawanan perang.

Apa tugasnya Ma?

Sebagai Pengadilan Negara Tertinggi, Mahkamah Agung merupakan pengadilan kasasi yang bertugas membina keseragaman dalam penerapan hukum melalui putusan kasasi dan peninjauan kembali menjaga agar semua hukum dan undang-undang diseluruh wilayah negara RI diterapkan secara adil, tepat dan benar.

Apa yang menjadi tugas dari Pengadilan Negeri?

Tugas dan Wewenang Pengadilan Negeri “Pengadilan Negeri bertugas dan berwenang memeriksa, memutus dan menyelesaikan perkara pidana dan perkara perdata di tingkat pertama.”

Dalam peradilan militer dikenal adanya Oditurat jelaskan secara singkat apakah Oditurat itu?

Penjelasan: Oditur adalah penuntut umum, terutama dalam pengadilan militer. Fungsinya seperti jaksa dalam peradilan militer.

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top