Apa peran dari partai politik di sebuah negara?

Apa peran dari partai politik di sebuah negara?

Partai politik berfungsi sebagai salah satu sarana sosialisasi politik, untuk dapat menjadi pemenang didalam Pemilihan Umum (Pemilu) serta menguasai pemerintah (dalam artian menjadi KEPALA DAERAH, PRESIDEN ataupun pimpinan lainnya), partai politik harus bisa mensosialisasikan dan mendapatkan dukungan masyarakat …

Apa yang dimaksud dengan koalisi?

Koalisi adalah sebuah atau sekelompok persekutuan, gabungan, atau aliansi beberapa unsur, yang dalam kerjasamanya, masing-masing memiliki kepentingan sendiri-sendiri. Aliansi seperti ini mungkin bersifat sementara atau berasas manfaat.

Sistem kepartaian apakah yang dianut oleh masyarakat politik Indonesia?

Indonesia adalah salah satu negara yang menganut sistem pemerintahan presidensial. Berbeda dengan sistem kepartaian yang tidak diatur secara tegas oleh konstitusi, UUD 1945 secara tegas dan rinci mengatur sistem pemerintahan yang mengacu pada sistem presidensial.

Apa arti dari oposisi?

Oposisi dalam dunia politik berarti partai penentang di dewan perwakilan dsb yang menentang dan mengkritik pendapat atau kebijaksanaan politik golongan yang berkuasa. Artikel bertopik politik ini adalah sebuah rintisan.

Apa yang dimaksud dengan kooptasi dan berikan contohnya?

Pengertian KOOPTASI adalah diterimanya unsur-unsur baru berupa kepemimpinan atau pelaksanaan pada suatu organisasi atau kelompok sosial sebagai cara menghindari keguncangan atau konflik pada kelompok tersebut. Contoh dari Kooptasi ini adalah dibentuknya KPK misalnya dalam mencegah dan menangani tindak pidana korupsi.

Apa oposisi pemerintah?

Oposisi secara umum dapat dipahami sebagai kelompok kekuatan yang ingin mengontrol dan mengoreksi suatu kebijakan pemerintah yang dianggap keliru atau salah.

Bagaimana sistem multipartai?

Sistem multipartai adalah sebuah sistem yang terdiri atas berbagai partai politik yang berlaga dalam pemilihan umum, dan semuanya memiliki hak untuk memegang kendali atas tugas-tugas pemerintah, baik secara terpisah atau dalam koalisi.

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top