Apa itu kode etik ASN?

Apa itu kode etik ASN?

Selain netralitas, ASN juga harus memperhatikan Kode Etik ASN. Kode Etik ASN merupakan pedoman sikap, tingkah laku, dan perbuatan ASN dalam bergaul dan bertugas sehari-hari.

Mengapa etika penting dalam pelayanan publik?

Etika publik menekankan akuntabilitas, transparansi, dan netralitas para pelayan publik untuk mencapai pelayanan publik yang berkualitas, relevan, dan berpihak pada kepentingan rakyat. Untuk mencapai pelayanan publik demikian, dari seorang pelayan publik diharapkan memiliki kekuatan integritas moral publik.

Kewajiban untuk melakukan yang baik atau apa yang seharusnya dilakukan adalah merupakan?

Dengan demikian etika lebih dipahami sebagai refleksi atas baik/ buruk, benar/salah yang harus dilakukan atau bagaimana melakukan yang baik atau benar, sedangkan moral mengacu pada kewajiban untuk melakukan yang baik atau apa yang seharusnya dilakukan.

Apa yang dimaksud dengan standar pelayanan publik?

Standar Pelayanan adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji Penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.

Mengapa Kode Etik PNS diperlukan oleh PNS?

Tujuan kode etik yaitu mendorong pelaksanaan tugas pokok dan fungsi, meningkatkan disiplin pegawai, menjamin kelancaran dalam pelaksanaan tugas, meningkatkan etos kerja, kualitas kerja dan perilaku PNS yang professional, serta meningkatkan citra dan kinerja PNS di lingkungan Kementerian/Lembaga Pemda.

Bagaimana jika ASN melanggar kode etik?

Pegawai Negeri Sipil yang melanggar Kode Etik Pegawai Negeri Sipil selain dikenakan sanksi moral dapat dijatuhi hukuman disiplin Pegawai Negeri Sipil atau tindakan administratif lainnya berdasarkan rekomendasi dari Majelis Kode Etik.

Mengapa dalam memberikan pelayanan kita harus memperhatikan etika dalam pelayanan?

Dengan etiket yang baik dalam memberikan pelayanan kepada Pelanggan, sering terjadi karyawan akan sangat menjadi disegani dan disenangi oleh Pelanggan. Pelanggan yang kita hormati pada akhirnya akan merasa segan untuk berbuat yang tidak-tidak.

Kenapa ASN perlu etika?

Penerapan etika administrasi dalam penyelenggaraan pemerintah itu sangat penting karena dapat menjadi pedoman dan peraturan yang mengatur pola perilaku aparatur.

Pengertian kode etik adalah aturan aturan yang mengatur tingkah laku?

Adapun pengertian kode etik adalah Kode Etik adalah aturan-aturan yang mengatur tingkah laku dalam suatu kelompok khusus, sudut pandangnya hanya ditujukan pada hal-hal prinsip dalam bentuk ketentuan – ketentuan tertulis.

Standar pelayanan publik meliputi apa saja?

Standar pelayanan meliputi dasar hukum; persyaratan; sistem, mekanisme, dan prosedur; jangka waktu penyelesaian; biaya/tariff; produk pelayanan; sarana, prasarana, dan/atau fasilitas; kompetensi pelaksana; pengawasan internal; penanganan pengaduan, saran, dan masukan; jumlah pelaksana; jaminan pelayanan yang memberikan …

Apa saja komponen standar pelayanan?

Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan (service delivery) meliputi: 1) persyaratan; 2) sistem, mekanisme, dan prosedur; 3) jangka waktu pelayanan; 4) biaya/ tarif; 5) produk pelayanan; 6) penanganan pengaduan, saran dan masukan.

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top