Apa tugas kekuasaan eksekutif?

Apa tugas kekuasaan eksekutif?

Lembaga eksekutif adalah salah satu badan pemerintahan yang punya kekuasaan dan bertanggung jawab untuk menerapkan hukum. Lembaga ini bertugas melaksanakan undang-undang, menyelenggarakan urusan pemerintahan, serta mempertahankan tata tertib dan keamanan.

Kekuasaan eksekutif dijalankan oleh siapa?

Dalam konteks Negara Republik Indonesia, cabang kekuasaan Eksekutif dijalankan oleh presiden; cabang kekuasaan Legislatif dijalankan oleh DPR dan DPD; dan cabang kekuasaan Yudikatif dijalankan oleh Mahkamah Agung (MA) serta badan- badan peradilan lainnya dibawah Mahkamah Agung serta sebuah Mahkamah Konstitusi (MK).

Apa tugas lembaga yudikatif?

Lembaga yudikatif merupakan sebuah lembaga pemerintahan yang fungsinya mengawasi penerapan UUD dan hukum yang berlaku di sebuah negara.

Apa pengertian dari legislatif eksekutif dan yudikatif?

Legislatif merupakan badan deliberatif pemerintah dengan kuasa membuat hukum. yudikatif adalah lembaga yang memiliki tugas untuk mengawal serta memantau jalannya perundang-udangan atau penegakan hukum di Indonesia, seperti Mahkamah Agung (MA), dan Mahkamah Konstitusi (MK).

Siapakah yang menyusun UU?

DPR memegang kekuasaan membentuk undang-undang. Rancangan undang-undang dapat berasal dari DPR, Presiden, atau DPD. Rancangan undang-undang dari DPR sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dapat diajukan oleh Anggota, komisi, atau gabungan komisi.

Siapa saja pemegang kekuasaan eksekutif di Indonesia?

Lembaga eksekutif terdiri dari:

  • Presiden.
  • Wakil Presiden.
  • Kementerian negara.
  • Pejabat setingkat menteri.
  • Lembaga pemerintah nonkementerian.

Apa lembaga tertinggi negara saat ini?

Lembaga Tertinggi Negara, adalah Majelis Permusyawaratan Rakyat; b. Lembaga Tinggi Negara, adalah Dewan Pertimbangan Agung, Dewan Perwakilan Rakyat, Badan Pemeriksa Keuangan, dan Mahkamah Agung, tidak termasuk Presiden; c.

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top