Mengapa hukum pemerintahan daerah sangat penting?

Mengapa hukum pemerintahan daerah sangat penting?

Keperluan akan suatu pengertian terhadap “Hukum Pemerintahan Daerah” sejatinya sangat penting, terutama dikarenakan soal pemerintahan daerah menjadi objek kajian dari sejumlah bidang ilmu selain dari bidang ilmu hukum seperti ilmu pemerintahan, ilmu politik, ilmu ekonomi, dan ilmi sosial lainnya.

Mengapa dibutuhkan sistem pemerintahan Desentralisasi?

Alasan perlunya dianut asas Desentralisasi oleh Pemda. Untuk mencegah penumpukan kekuasaan pada 1 tangan/1 pihak/1 badan yaitu seperti di pemerintah pusat. Jika terjadi penumpukan kekuasaan pada 1 tangan akan terjadi penyalahgunaan kekuasaan. (1) Dapat memperhatikan potensi nyata/kekhususan dari masing-masing daerah.

Apa makna dari pemerintah daerah?

Pemerintahan Daerah adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan oleh pemerintah daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menurut asas otonomi dan tugas pembantuan dengan prinsip otonomi seluas-luasnya dalam sistem dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam UUD 1945.

UU No 22 Tahun 1999 Tentang apa?

Menetapkan : UNDANG-UNDANG TENTANG PEMERINTAHAN DAERAH. Dalam Undang-undang. ini yang dimaksud dengan: Pemerintahan Daerah adalah penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Otonom oleh Pemerintah Daerah dan DPRD menurut asas Desentralisasi.

Apa hukum pemerintahan daerah?

Hukum Pemerintahan Daerah adalah mata kuliah yang mempelajari tentang aturan-aturan hukum terkait tata kelola, tata pemerintahan, tata laksana pemerintahan di daerah. Mahasiswa juga mampu menganalisa kondisi teraktual terkait pemerintahan daerah di Indonesia.

Apa saja kewenangan pemerintah daerah dalam pelaksanaan otonomi daerah?

Hak Penyelenggaraan Otonomi Daerah

  • Mengatur dan mengurus urusan pemerintahan secara mandiri.
  • Memilih pimpinan daerah.
  • Mengelola aparatur daerah.
  • Mengelola kekayaan daerah.
  • Memungut pajak dan retribusi daerah.
  • Mendapatkan bagi hasil dari pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya lainnya yang terdapat di daerah tersebut.

Apa itu pemerintahan desentralisasi?

Desentralisasi merupakan suatu istilah yang secara etimologis merupakan bahasa Latin yang terdiri dari kata de berarti lepas, dan centrum berarti pusat, sehingga bila diartikan, desentralisasi berarti melepaskan diri dari pusat.8 Maksud pengertian tersebut bukan berarti daerah dapat berdiri sendiri melepaskan diri dari …

Apa kelebihan desentralisasi?

Berikut kelebihan desentralisasi: Struktur organisasi merupakan pendelegasian wewenang dan memperingan manajemen pemerintah pusat. Mengurangi bertumpuknya pekerjaan di pusat pemerintahan. Hubungan yang harmonis dan gairah kerja antara pemerintah pusat dan daerah dapat ditingkatkan.

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top