Panitia Kongres Pemuda 2 Siapa saja?

Panitia Kongres Pemuda 2 Siapa saja?

Adapun susunan panitia Kongres Pemuda II, seperti yang dituliskan Ahmad Syafii Maarif melalui buku Islam dalam Bingkai Keindonesiaan dan Kemanusiaan (2009) adalah sebagai berikut: Ketua: Sugondo Djojopuspito (PPPI) Wakil Ketua: R.M. Joko Marsaid (Jong Java) Sekretaris: Muhammad Yamin (Jong Sumatranen Bond) Bendahara: …

Ada berapakah perkumpulan pemuda yang mengikuti Kongres Pemuda Kedua?

Para peserta Kongres Pemuda II ini berasal dari berbagai wakil organisasi pemuda yang ada pada waktu itu, seperti Jong Java, Jong Ambon, Jong Celebes, Jong Batak, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten Bond, Sekar Rukun, PPPI, Pemuda Kaum Betawi, dll. Di antara mereka hadir pula beberapa orang pemuda Tionghoa sebagai …

Apa isi sambutan Kongres Pemuda Kedua?

Pertama: Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia. Kedua: Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia. Ketiga: Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Apa hasil keputusan Konggres Pemuda ke 2?

Kongres Pemuda II, yang diadakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928 dipimpin oleh Soegondo Djojopoespito dari PPPI (Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia), menghasilkan keputusan penting yang disebut sebagai Sumpah Pemuda.

Kongres Pemuda 2 diselenggarakan di mana?

Kongres Pemuda II (1928) Dan, penyelenggaraan kongres pemuda hari pertama di gedung Katholikee jongelingen Bond (Gedung Pemuda Katolik). Hari kedua di gedung Oost Java (sekarang di Medan Merdeka Utara Nomor 14).

Siapa sajakah tokoh sumpah pemuda?

13 Tokoh Sumpah Pemuda dan Perannya

  1. Soegondo Djojopoespito.
  2. Mohammad Yamin.
  3. Wage Rudolf Soepratman.
  4. Amir Syarifuddin Harahap.
  5. Sie Kong Liong.
  6. Sarmidi Mangoensarkoro.
  7. Soenario Sastrowardoyo.
  8. Djoko Marsaid.

Tahun 1926 organisasi pemuda yang terbentuk apa saja?

Berbagai pemuda mendirikan organisasi yang bersifat kedaerahan, seperti Tri Koro Dharmo (kemudian menjadi Jong Java), Jong Sumatranen Bond, Jong Ambon, Jong Minahasa, Jong Batak, Pemuda Betawi, Jong Celebes, Sekar Rukun, maupun Pemuda Timor.

Sebutkan organisasi apa saja yang terlibat dalam peristiwa Kongres 1 dan 2?

Berikut 9 organisasi pemuda yang turut andil dalam Kongres Pemuda I dan Kongres Pemuda II:

  1. Jong Java.
  2. Jong Ambon.
  3. Jong Batak.
  4. Jong Sumatranen Bond.
  5. Jong Islamieten Bond.
  6. Sekar Rukun.
  7. PPPI.
  8. Pemuda Kaum Betawi.

Siapakah Ketua Kongres Pemuda II pada tanggal 28 Oktober *?

Kongres yang berlangsung di Batavia pada tanggal 27-28 Oktober 1928 ini diketuai oleh Sugondo Joyopuspito.

Apakah hasil Kongres Pemuda 2 brainly?

Kongres Pemuda II berhasil mengambil keputusan yang dikenal sebagai Sumpah Pemuda, yang isinya sebagai berikut: Pertama: Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia. Ketiga: Kami Putra dan Putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Kapan kongres pemuda ll di laksanakan?

Kongres ini dilaksanakan sebanyak dua kali, yakni Kongres Pemuda Pertama pada 30 April-2 Mei 1926 dan Kongres Pemuda Kedua yang berlangsung pada 27-28 Oktober 1928.

Kongres Pemuda 2 dilaksanakan pada tanggal berapa?

Kongres Pemuda I dilaksanakan pada 30 April-2 Mei 1926. Sedangkan kongres Pemuda II dilaksanakan pada 27-28 Oktober 1928.

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top