Apa itu sistem pemerintah daerah?

Apa itu sistem pemerintah daerah?

Pemerintahan Daerah adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan oleh Pemerintah Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah menurut asas otonomi dan tugas pembantuan dengan prinsip otonomi seluas-luasnya dalam sistem dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Dasar Negara …

Apakah nama pemerintahan di tingkat kabupaten dan provinsi?

Kepala daerah untuk provinsi disebut gubernur, untuk kabupaten disebut bupati dan untuk kota adalah wali kota. Kepala daerah dibantu oleh satu orang wakil kepala daerah, untuk provinsi disebut wakil Gubernur, untuk kabupaten disebut wakil bupati dan untuk kota disebut wakil wali kota.

Apa itu local state government?

Local state government adalah unit organisasi pemerintahan wilayah, unit organisasi pemerintahan di daerah yang dibentuk berdasarkan asas dekonsentrasi. Pemerintahan wilayah atau pemerintahan administratif dibentuk untuk menyelenggarakan urusan pemerintahan yang menjadi wewenang pemerintah pusat di daerah.

Apa saja tugas dari pemerintah daerah?

Dalam menyelenggarakan otonomi, daerah mempunyai hak:

  • Mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahannya;
  • Memilih pimpinan daerah;
  • Mengelola aparatur daerah;
  • Mengelola kekayaan daerah;
  • Memungut pajak daerah dan retribusi daerah;

Apa bedanya kabupaten dan provinsi?

Kabupaten adalah pembagian wilayah administratif di Indonesia setelah provinsi, yang dipimpin oleh seorang bupati. Selain kabupaten, pembagian wilayah administratif setelah provinsi adalah kota. Secara umum, baik kabupaten dan kota memiliki wewenang yang sama.

Disebut apakah kepala daerah tingkat 1 dan 2?

(1). Wakil Kepala Daerah Tingkat I karena jabatannya adalah Wakil Kepala Wilayah Propinsi atau Ibukota Negara dan disebut Wakil Gubernur. (2). Wakil Kepala Daerah Tingkat II karena jabatannya adalah Wakil Kepala Wilayah Kabupaten atau Kotamadya, dan disebut Wakil Bupati atau Wakilkotamadya.

Apa yang dimaksud dengan sistem pemerintahan sentralisasi dan desentralisasi?

Desentralisasi merupakan kewenangan yang diperoleh daerah otonom dari pemerintah pusat untuk mengatur dan mengurus urusan daerahnya sendiri, Sentralisasi merupakan pemusatan seluruh kewenangan kepada pemerintah pusat, dan Dekonsentrasi merupakan pendelegasian kewenangan dari pemerintah pusat untuk mengurus urusan …

Apa yang dimaksud dengan sentralisasi dan desentralisasi?

2. Sentralisasi adalah pemusatan kewenangan politik dan administrasi di tangan Pemerintah Pusat, yaitu Presiden dan para Menteri. 3. Penyerahan kewenangan politik dan administrasi oleh jenjang Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah disebut desentralisasi atau devolusi.

Apa perbedaan antara government dan governance?

Perbedaan Government dan Governance terletak pada konsepnya yaitu Government lebih merujuk kepada subjek yang mengatur suatu badan/instansi (pemerintah) sedangkan Governance lebih merujuk kepada tata pengelolaan kestrukturan pemerintah sendiri (Pemerintahan).

Apa yang dimaksud self government?

Pemerintahan sendiri, atau otonomi (bahasa Inggris: Self-governance, self-government or autonomy) adalah sebuah konsep abstrak yang diterapkan pada beberapa skala organisasi.

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top