Pengertian wan prestasi apa akibatnya?

Pengertian wan prestasi apa akibatnya?

Wanprestasi adalah pelaksanaan kewajiban yang tidak dipenuhi atau ingkar janji atau kelalaian yang dilakukan oleh debitur baik karena tidak melaksanakan apa yang telah diperjanjikan maupun malah melakukan sesuatu yang menurut perjanjian tidak boleh dilakukan.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan prestasi dan uraikan jenis jenis prestasi disertai contohnya?

Pengertian prestasi adalah sesuatu yang wajib dipenuhi oleh debitur dalam setiap perikatan. – Dalam perikatan yang objeknya “tidak berbuat sesuatu”, debitur tidak melakukan perbuatan yang telah ditetapkan dalam perikatan, contoh : tidak membangun rumah, tidak membuat pagar, tidak membuat perusahaan yang sama, dsb.

Apa yang dimaksud dengan wan prestasi?

Wanprestasi / Ingkar Janji [4] Dalam hal kesalahan debitur, ketika salah satu pihak telah melaksanakan atau tidak melaksanakan atau tidak memberikan sesuatu sesuai dengan yang disepakati dapat dikatakan sebagai ingkar janji atau wanprestasi.

Apa yang dimaksud wanprestasi berikan contoh?

Misalnya, ada perjanjian yang menyatakan bahwa salah satu pihak wajib untuk membayar sejumlah uang paling lambat pada tanggal tertentu. Lalu, apabila pembayaran dilakukan setelah tanggal yang disepakati, maka hal tersebut merupakan wanprestasi karena debitur terlambat memenuhi perikatannya.

Apa itu prestasi dalam hukum perdata?

Prestasi adalah merupakan kewajiban bila pelaksana membuat suatu janji untuk pemenuhan prestasi itu. Pihak yang mempunyai kewajiban biasanya disebut sebagai debitur, sedangkan pihak yang berhak atas kewajiban tersebut disebut sebagai kreditur.

Apa saja bentuk-bentuk wanprestasi?

Pahami Bentuk-Bentuk Wanprestasi atau Ingkar Janji

  • I. Tidak melakukan apa yang disanggupi untuk dilakukan.
  • II. Melakukan apa yang diperjanjikan tapi tidak sebagaimana yang diperjanjikan.
  • III. Melakukan apa yang sudah diperjanjikan tapi terlambat.
  • IV. Melakukan sesuatu yang oleh perjanjian tidak boleh dilakukan.

Apa saja prestasi itu?

Macam-macam Prestasi

  • Prestasi Belajar. Hasil yang diperoleh atas usaha belajar.
  • Prestasi Kerja Merupakan hasil yang didapatkan dari usaha kerja yang telah dilakukan. Misalnya naiknya jabatan atas kerja keras selama ini.
  • Prestasi Seni.
  • Prestasi Olahraga.
  • Prestasi Lingkungan Hidup.

Apa yang dimaksud dengan prestasi belajar siswa?

Zaiful, dkk (2019: 9) mengartikan prestasi belajar yang dinyatakan dalam bentuk simbol, angka, huruf, maupun kalimat yang dapat mencerminkan hasil yang sudah dicapai oleh setiap mahasiswa dalam periode tertentu dan dapat dinyatakan bahwa prestasi belajar merupakan hasil dari suatu kegiatan pembelajaran yang disertai …

Apa saja bentuk prestasi?

Bentuk-bentuk prestasi (Pasal 1234 KUHPerdata) :

  • Memberikan sesuatu;
  • Berbuat sesuatu;
  • Tidak berbuat sesuatu.

Bagaimana akibat hukum terhadap perjanjian yang sah?

Akibat hukum perjanjian yang sah menurut Pasal 1338 KUHPerdata adalah: Jadi barang siapa melanggar perjanjian, ia akan mendapat hukuman seperti yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang. b. Tidak dapat ditarik kembali secara sepihak artinya perjanjian yang telah dibuat secara sah mengikat pihak-pihak.

Kapan seseorang dapat dikatakan cidera janji wanprestasi?

Artinya, apabila di dalam sebuah perjanjian/kontrak yang dibuat terdapat sebuah larangan yang mengharuskan para pihak (debitur dan kreditur) untuk tidak melakukan suatu perbuatan, namun ternyata salah satu pihak tetap melaksanakan larangan tersebut, maka pihak yang melaksanakan larangan tersebut dapat dinyatakan telah …

Apa saja bentuk wanprestasi dan contohnya?

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top