Perlakuan apa saja yang dilarang terhadap bendera negara Indonesia?

Perlakuan apa saja yang dilarang terhadap bendera negara Indonesia?

Setiap orang dilarang:

  • merusak, merobek, menginjak-injak, membakar, atau melakukan perbuatan lain dengan maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan Bendera Negara;
  • memakai Bendera Negara untuk reklame atau iklan komersial;
  • mengibarkan Bendera Negara yang rusak, robek, luntur, kusut, atau kusam;

Bagaimana perlakuan terhadap bendera merah putih?

Mengingat itu, perlakuan terhadap bendera merah putih tidak boleh sembarangan. Dalam Pasal 24 UU tersebut, setiap orang dilarang merusak, merusak, menginjak – injak, membakar, atau melakukan perbuatan lain dengan maksud menodai, menghina, atau menghargai kehormatan Bendera Negara.

Apa saja syarat ukuran bendera merah putih?

Ukuran Bendera Merah Putih

  • Istana Negara: 200cm x 300cm.
  • Lapangan umum: 120cm x 180cm.
  • Di dalam ruangan: 100cm x 150cm.
  • Mobil presiden dan wakil presiden: 36cm x 54cm.
  • Mobil pejabat negara: 30cm x 45cm.
  • Kendaraan umum: 20cm x 30cm – Kapal: 100cm x 150cm.
  • Kereta api: 100cm x 150cm.
  • Pesawat: 30cm x 45cm.

Berapa perbandingan yang baik untuk membuat sebuah bendera merah putih?

(1) Bendera Negara Sang Merah Putih berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran lebar 2/3 (dua-pertiga) dari panjang serta bagian atas berwarna merah dan bagian bawah berwarna putih yang kedua bagiannya berukuran sama.

Apakah Bolehkah mengibarkan bendera negara lain?

Meski demikian, bukan berarti memasang bendera asing diharamkan. Masyarakat boleh mengibarkan bendera asing waktu Kepala Negara, Wakil Kepala Negara, atau Perdana Menteri negara tersebut berkunjung ke Indonesia. Itu pun hanya diperbolehkan pada tempat-tempat yang didatangi. Selebihnya akan bisa dijerat pidana.

Dari mana asal usul bendera merah putih?

Warna merah-putih bendera negara diambil dari warna panji atau pataka Kerajaan Majapahit yang berpusat di Jawa Timur pada abad ke-13. Akan tetapi ada pendapat bahwa pemuliaan terhadap warna merah dan putih dapat ditelusuri akar asal-mulanya dari mitologi bangsa Austronesia mengenai Bunda Bumi dan Bapak Langit; keduanya …

Kapan pasang bendera merah putih?

Adapun waktu yang tepat untuk pemasangan bendera adalah pagi hari setelah matahari terbit. Kemudian, bendera dapat diturunkan saat matahari mulai terbenam, caranya mesti hati-hati, diturunkan secara perlahan, fisik bendera tidak boleh menyentuh tanah.

Berapa ukuran bendera merah putih yang asli?

Bendera pusaka sang saka merah putih 2×3 METER.

Berapa ukuran bendera merah putih yang di jahit oleh Ibu Fatmawati?

Bendera Merah Putih yang dijahit Fatmawati terbuat dari bahan katun Jepang berukuran 276 x 200 cm. Bendera tersebut dikibarkan pertama kali pada Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia tanggal 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur 56 (kini Jalan Proklamasi), Jakarta oleh Latief Hendraningrat dan Suhud.

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top