Siapa yang memimpin armada Belanda?

Siapa yang memimpin armada Belanda?

Cornelis de Houtman. kalo gak salah tulisannya seperti itu.

Siapakah pemimpin armada Belanda pertama ke Indonesia?

Belanda datang pertama kali ke Indonesia pada tahun 1596, di bawah pimpinan Cornelis de Houtman, dan berhasil mendarat di Pelabuhan Banten. Namun kedatangan Belanda diusir penduduk pesisir Banten karena mereka bersikap kasar dan sombong. Belanda datang lagi ke Indonesia dipimpin Jacob van Heck pada tahun 1598.

Siapakah tokoh Cornelis de Houtman?

KOMPAS.com – Cornelis de Houtman adalah seorang penjelajah yang lahir di Belanda pada 2 April 1565. Ia adalah penjelajah yang menemukan jalur pelayaran dari Eropa ke Indonesia dan berhasil memulai perdagangan rempah-rempah untuk Belanda.

Pada masa pemerintahan siapa armada Belanda yang dipimpin Cornelis de Houtman tiba di Banten?

Armada Belanda yang dipimpin Cornelis de Houtman tiba di Banten 1569 pada saat Banten dipimpin oleh : Sultan Abdul Mufakir Mahmud Aldulkadir.

Siapakah yang memimpin armada Belanda masuk ke Nusantara brainly?

Jawaban terverifikasi ahli Pemimpin armada Belanda pada saat datang ke Indonesia pertama kali pada tahun 1596 adalah Cornelis de Houtman.

Siapa pelaut asal Belanda yang pertama kali berlayar ke timur?

Cornelis de Houtman menjadi pelaut Belanda yang berhasil sampai ke Indonesia untuk pertama kalinya. Bersama beberapa pelaut bangsa Belanda lainnya, ia pada tahun 1596 sampai di nusantara dan mendarat di Banten.

Siapa nama pelaut Belanda yang memimpin ekspedisi ke Indonesia?

Siapakah Cornelis de Houtman dan siapakah pendiri VOC?

Liputan6.com, Jakarta – Cornelis de Houtman adalah sosok yang membuka jalan penjajahan VOC di Indonesia. Pria kelahiran 2 April 1565 ini adalah yang membawa ekspedisi dagang Belanda ke Hindia Timur. Misi dagang yang Cornelis de Houtman bawa adalah cikal bakal dari VOC yang kemudian menjajah Indonesia.

Bagaimana perjalanan Cornelis de Houtman hingga sampai ke Indonesia?

Pada tahun 1595, Cornelis de Houtman dengan menaiki empat buah kapal yang memuat 249 orang awak beserta 64 meriam, memimpin pelayaran mencari daerah asal rempah-rempah ke arah Timur mengambil jalur seperti yang ditempuh Portugis. Sejak abad ke -13, rempah-rempah memang merupakan bahan dagang yang sangat menguntungkan.

Mengapa Cornelis de Houtman diusir oleh rakyat Banten?

Alasan Sultan Banten menyambut baik kedatangan bangsa Belanda pada 1596 adalah Belanda hanya berkonsentrasi pada masalah perdagangan. Namun, para awak kapal akhirnya menunjukkan tabiat buruk dan tidak menghormati masyarakat setempat. Itulah yang membuat Cornelis de Houtman dan seluruh awak kapalnya diusir dari Banten.

Siapa yang memimpin bangsa Belanda datang ke Indonesia pada tahun 1596?

Keberadaan VOC di nusantara tersebut menjadi cikal-bakal penjajahan Belanda di nusantara. Nah, jadi orang Belanda yang pertama kali berhasil mendarat di Banten tahun 1596 adalah Cornelis de Houtman bersama pelaut ekspedisi Belanda ya detikers.

Belanda menjajah Indonesia dari tahun berapa sampai tahun berapa?

Prof. Megawati Ragu Indonesia Dijajah Belanda Selama 350 Tahun.

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top