Apa yang dimaksud dengan yurisprudensi mengapa keputusan hakim terdahulu dijadikan landasan hukum bagi hakim dalam memutuskan suatu perkara?

Apa yang dimaksud dengan yurisprudensi mengapa keputusan hakim terdahulu dijadikan landasan hukum bagi hakim dalam memutuskan suatu perkara?

Yurisprudensi adalah keputusan-keputusan dari hakim terdahulu untuk menghadapi suatu perkara yang tidak diatur di dalam UU dan dijadikan sebagai pedoman bagi para hakim yang lain untuk menyelesaian suatu perkara yang sama. Jadi, putusan dari hakim terdahulu ini yang disebut dengan yurisprudensi.

Syarat apakah yang harus ada agar supaya putusan hakim itu disebut yurisprudensi sehingga menjadi sumber hukum formal?

Hasil penelitian BPHN pada 1995 menyimpulkan bahwa suatu putusan hakim dapat disebut sebagai yurisprudensi, apabila putusan hakim itu memenuhi unsur-unsur berikut: (a) Putusan atas suatu peristiwa hukum yang belum jelas pengaturan perundang-undangannya; (b) Putusan tersebut telah berkekuatan hukum tetap; (c) Telah …

Bagaimana cara hakim memutuskan suatu putusan di Pengadilan?

Hakim dalam memutus suatu perkara tidak hanya berdasarkan bukti-bukti yang ada, tetapi penting juga didasarkan oleh keyakinan sebagai seorang hakim dalam memutus perkara. Kerja keras hakim tidak dinilai positif, vonis dianggap lemah karena hanya berdasarkan keyakinan hakim yang menangani perkara.

Apakah yurisprudensi bisa dijadikan rujukan sebagai salah satu sumber hukum?

Yurisprudensi adalah putusan hakim terdahulu yang telah berkekuatan hukum tetap dan diikuti hakim dalam memutus suatu perkara atau kasus yang sama. Yurisprudensi menjadi salah satu sumber hukum, selain undang-undang, traktat, kebiasaan, dan doktrin.

Apakah sistem hukum Indonesia menggunakan sumber hukum yurisprudensi?

Dalam sistem hukum nasional Indonesia, secara teoritis dikenal berbagai sumber hukum. Salah satu diantaranya adalah yurisprudensi sebagai sumber hukum, yurisprudensi mempunyai arti dan kedudukan yang penting. Dengan demikian terlihat bahwa peranan yurisprudensi sangat besar dalam pembangunan nasional.

Mengapa yurisprudensi menjadi sumber hukum formal?

Yurisprudensi sebagai salah satu sumber hukum formal, penting eksistensinya apabila dikorelasikan terhadap tugas hakim. Sejak dijatuhkan putusan pengadilan mempunyai kekuatan mengikat bagi para pihak yang berpekara, mengikat para pihak untuk mengakui eksistensi putusan tersebut.

Bagaimana keadaan hukum perdata di Indonesia saat ini?

Keadaan Hukum Perdata di Indonesia saat ini masih berbentuk majemuk, beraneka ragam dan warna. Dimana Hukum Perdata sekarang ini tidak hanya terbatas pada burgerlijk wetboek saja melaikan juga banyak peraturan perundang-undangan lain yang muncul seiring dengan perkembangan waktu.

Bagaimana seorang hakim harus memutuskan perkara?

Dalam membuat putusan, seorang hakim sepatutnya dalam menimbang dan memutus suatu perkara dengan memperhatikan asas keadilan, kepastian hukum dan kemanfaatan agar putusan yang dikeluarkan menjadi putusan yang ideal.

Apa yang dimaksud dengan putusan declaratoir?

Putusan declaratoir adalah putusan yang hanya sekedar menerangkan atau menetapkan suatu keadaan saja sehingga tidak perlu dieksekusi, demikian juga putusan constitutief, yang menciptakan atau menghapuskan suatu keadaan, tidak perlu dilaksanakan.

Apa kewenangan dari lembaga MA?

Terdapat tiga kewenangan utama MA. Pertama, mengadili perkara pada tingkat kasasi terhadap putusan yang diberikan pada tingkat terakhir oleh pengadilan di semua lingkungan peradilan yang berada di bawah MA. Kedua, menguji peraturan perundang-undangan di bawah undang-undang.

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top