Apakah kita boleh menikah dengan saudara jauh kita?

Apakah kita boleh menikah dengan saudara jauh kita?

Dalam surat An-Nisa ayat 23, Allah menyebutkan beberapa perempuan yang tak boleh dinikahi oleh laki-laki karena status mereka sebagai mahram. Melansir dari laman Konsultasi Syariah, saudara sepupu bukanlah mahram karena Allah menghalalkan kita untuk menikahi saudara sepupu, baik sepupu dekat maupun jauh.

Apakah adik dari ibu mahram?

Mahram karena keturunan Saudara perempuan (kakak atau adik), seayah atau seibu. Saudara perempuan bapak (bibi), saudara perempuan kakek (bibi orang tua) dst-nya ke atas patut sekandung. Saudara perempuan ibu (bibi), saudara perempuan nenek (bibi orang tua) dst-nya ke atas patut sekandung.

Bolehkah menikahi 2 wanita bersaudara?

“Para ulama juga telah bersepakat atas haramnya mengumpulkan dua wanita yang bersaudara dalam satu pernikahannya. Di dalamnya itu, kata Jailani dijelaskan bahwa menikahi wanita kakak beradik sekaligus adalah haram secara ijma, baik keduanya saudara kandung, saudara se-bapak, atau (saudara) se-ibu.

Dalam Islam apakah bolehkah menikahi dengan saudara sepupu?

Sepupu merupakan hubungan kekerabatan antara anak-anak dari dua orang bersaudara atas bisa disebut saudara senenek. Saudara sepupu tidak termasuk di dalamnya. Dengan demikian, saudara sepupu bukanlah mahram sehingga boleh dinikahi seperti dilansir dari laman konsultasi syariah.com.

Hukum menikah dengan saudara sendiri menurut Islam?

Lalu bagaimana hukum menikah dengan saudara sendiri? Bila menikahi saudara kandung baik satu ayah maupun satu ibu jelas dilarang dalam agama Islam.

Siapa Saja mahram bagi seorang perempuan?

Ini bagian aurat wanita muslim yang boleh terlihat oleh mahram

  • Suami.
  • Ayah.
  • Ayah mertua.
  • Putra-putra kandung.
  • Putra-putra dari suaminya (putra tiri)
  • Saudara laki-laki (kakak atau adik)
  • Putra-putra dari saudara laki-laki (keponakan)
  • Putra-putra dari saudara perempuan (keponakan)

Saudara seibu beda ayah apakah mahram?

Kata Buya Yahya, saudara seibu termasuk mahram yaitu orang yang tidak boleh dinikahi jika seandainya lawan jenis. Oleh sebab itu, jika bersentuhan juga tidak membatalkan wudhu .

Bolehkah laki-laki menikahi dua wanita sekaligus?

Secara fikih, laki-laki boleh memiliki empat orang istri dengan syarat di antara keempat istri tersebut tidak ada hubungan mahram sebab nasab atau susuan. Akad nikah laki-laki dengan keempat istrinya tidak harus dilakukan pada hari dan tempat yang berbeda.

Bolehkah menikahi perempuan kakak beradik?

Dilansir dari Tebuirung Online, hukum laki-laki menikahi perempuan kakak beradik sekandung dan satu Wali Nikah adalah tidak sah dan akadnya fasid atau rusak. Pendapat ini sesuai dengan empat mazhab, baik Mazhab Hanafi, Maliki, Syafi’i dan Hambali.

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top